Element Komputer - HARDWARE

Hardware merupakan Perangkat kertas atau perangkat komputer yang dapat dilihat dan diraba keberadaannya yang digunakan untuk menunjang fungsi kerja komputer. Hardware secara garis besar dibedakan menjadi beberapa bagian uatama yaitu :
  1. Central Prosesing Unit { CPU }
    Perangkat keras yang berfungsi sebagai pusat kerja, yang mengatur semua proses kerja komputer berdasarkan instruksi program yang diberikan. CPU sering diistilahkan sebagai penggunaan prosesor yang merupakan bagian otak pengatur kinerja komputer. Di dalam CPU terdapat banyak komponen penungnjang kinerja komputer antara lain Prosesor, Hard Disk, RAM serta Motherboard sebagai papan induk CPU.CPU memiliki 2 bentuk utama yaitu secara Tower/ Potrait dan landscape.
  2. Input Device ( Peralatan Masukan )
    Peralatan komputer yang berfungsi sebagai media untuk memasukan data atau program yang akan diolah dalam sistem komputer. Banyak peralatan Input Device antara lain :
    • Keyboard
      Peralatan berupa papan tombol untuk memasukan data charakter berupa huruf atau angka atau simbol.
    • Mouse
      Peralatan yang digunakan untuk mengarahkan kursor / pointer dalam sistem visual komputer sehingga kinerja komputer lebih efektif.
    • Microphone
      Peralatan yang digunakan utuk memasukan data berupa data audio atau suara kedalam komputer atau berupa informasi elektronik
    • Scanner
      Peralatan yang digunakan utuk mengubah gambar grafik atau tulisan kealam informasi elektronik yang dapat diolah oleh komputer, tetapi penggunaanya sekarang lebih banyak dengan Camera Digital yang langsung menghasilkkan copysoft dari data.
  3. Output Device ( Peralatan Keluaran )
    Peralatan komputer yang berfungsi sebagai media untuk menampilkan hasil pengolahan data dalam sistem komputer. Banyak peralatan output Device antara lain :
    • Monitor
      Peralatan untuk menampilkan hasil pengolahan data komputer berupa visual
    • Loudspeakers
      Peralatan untuk menampilkan hasil pengolahan data komputer berupa audio / suara
    • Printer
      Peralatan untuk menampilkan hasil pengolahan data komputer berupa hasil cetakan
  4. Secondary Storage
    Peralatan komputer yang digunakan untuk menyimpan data. Proses penyimpanan data dalam komputer biasanya terdiri dari disk / piringan. Peralatan Secondary Storage terdapat banyak macamnya antara lain :
    • Hard Disk
      Hard Disk terletak di dalam CPU yang terdiri dari beberapa piringan logam magnetik. Hard Disk pada umumnya berkapasitas 20 GB
    • Floppy Disk
      Floppy Disk merupakan piringan plastik magnetic ( Floppy ) yang mempunyai kapsitas 1,44 Mb dengan ukuran 31/2 inchi. Tetapi terdapat Super Disk dan Smart Disk sejenis dengan Floppy Disk tetapi mempunyai kapasitas + 120 Mb. Penggunaan media ini untuk mulai penggunaanya harus diadakan penyimpanan dengan tujuan agar menyesuaikan dengan kondisi komputer
    • Zip Disk
      Zip Disk merupakan media penyimpanan dengan kapasitas 250 Mb. Media penyimpanan ini tidak begitu familiar karena membutuhkan piranti khusus yaitu Zip Drive { tidak lazim dipasang }
    • Compact Disk ( CD )
      Compact Disk merupakan piringan optik magnetis yang menggunakan laser sebagai alat untuk membaca. Dengan kapasitas + 700 Mb atau 80 Menit penyimpanan video.
    • Digital Versatile Disk ( DVD )
      Digital Versatile Disk merupakan hasil pengembangan dari CD dengan kapasitas penyimpanan lebih besar sampai 17 GB. DVD sangat cocok dengan penyimpanan data berupa video.
    • Flash Disk
      Flash Disk merupakan media penyimpanan data portable yang mempunyai kapasitas mulai dari 1 Gb. Keunggulan dari Flash Disk media penyimpanan ini praktis dan mudah dibawa. Perkembangan Flash Disk sangat pesat dilihat dari bentuk, model sampai dengan kapasitasnya.

1 komentar: