Element Komputer - SOFTWARE

Software atau perangkat lunak adalah perangkat komputer yang tidak dapat dilihat dan diraba keberadaannya tetapi dapat menunjang fungsi kerja komputer. Software berupa perintah yang disebut program. Secara garis besar software dibagi menjadi 2 yaitu :
  1. Ready Made Program
    RMP merupaka software yang digunakan untuk melaksanakan fungsi dasar komputer yang dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
    • Operating System
      Software yang berfungsi untuk mengontrol dan mengendalikan seluruh kegiatan proses kerja komputer. OS merupakan pondasi penggunaan program yang memungkinkan pengunaan/ pengaktifan program lebih dari satu jenis.
      Dalam dunia komputer ada beberapa operating system yang dipakai antara lain :
      Contoh : Microsoft Windows ( Windows 95, 98, 2000, Me, XP ),PC-DOS ( IBM ),Linux, Xenix
    • Utility Program
      Software yang merupakan program – program yang disediakan oleh software house ( OS ) yang digunakan untuk melaksanakan pekerjan tertentu tanpa user harus menyusun programnya sendiri ( fasilitas / program bawaan dari OS ). Fasilitas yang dapat dilakukan dengan Utility Program antar lain formating, diskcopy dan checkdisk.
    • Language Translator Program
      Komputer hanya mengenal perintah yang disusun dalam bahasa mesin / elektronik, oleh karena itu kita harus bisa mengubah bahasa manusia menjadi bahasa mesin dengan cara menerjemahkan atau mendeskripsikannya. Sarana tersebut disebut sebagai Language Translator Program.
      Secara umum terdapat 2 Tingkatan Language Translator Program yaitu :
      Low Level Programing Languages ( Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah )
      Bahasa pemrograman yang lebih dekat dengan bahasa mesin. Contoh Bahasa Assembly
      High Level Programing Languages ( Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi )
      Bahasa pemrograman yang digunakan untuk mendeskripsikan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin / data elektronik, dengan bentuk dan penalaran yang lebih dekat dengan bahasa manusia. Contoh : Basic, Cobol, Fortran
    • Aplication Package Program
      Merupakan paket program yang telah disiapkan “ Software House “ yang memiliki segala fasilitas dan kemudahan utnuk mengolah suatu aplikasi tertentu. Klasifikasi Package Program antara lain :
      Information Management Tool
      Merupakan program yang menyediakan fasitas alat penyedia informasi managemen. Pengolahan masalah perkantoran
      Contoh : File Keeping / Database management { Foxpro. Basic },Spreadsheet/ program perhitungan { Excel },Word Processing { Ms. Word }
      Education Program : Program untuk keperluan pendidikan
      Game Program : Program permainan atau hiburan
      Special Aplication ProgramProgram dengan fasilitas khusus
      Contoh : Home finace, Remote control program,Art program, Design grafis
    • User Program
      Sofrware yang dibuat secara khusus untuk menanganimasalah tertentu yang dihadapi, sehingga tampilan dan intruksi program yang dimasukan atau dibuat bersifat specifik atau khusus.

0 komentar:

Posting Komentar