Mempercepat StarUp & ShutDown Windows

Sering kali kita menginginkan bekerja dengan komputer dengan secepat - cepatnya. Apalagi dalam proses Startup dan pas shutdown pengen cepat nyala traus proses begitu pula kalo mematikan pengen cepat mati terus kelar listrik. Untuk mempercepat Startup & shutdown banyak posting yang memuat, paling tidak posting ini memberikan alternatif lain dalam penggunaannya.
Langkah pertama adalah membuka Registry Editor ( melalui menu Start dan pilih Run kemudian ketik regedit dan Ok). Seperti biasa, sebaiknya backup dulu seting Registry sebelum kita lakukan perubahan, untuk membackup pilih Export pada menu File dan simpan file backup registry-nya, file ini nantinya kita Import jika kita ingin melakukan restore.


  1. Startup Windows XP
    Cari HKEY_LOACAL_MECHINE \SYSTEM \ CurrentControlSet \ Control \ ContentIndex \ StartupDelay .setelah itu double klik "StartupDelay" pada "Base" aktifkan decimal. Disini terlihat nilai default dari key ini adalah 4800000, ganti angka tersebut menjadi 40000 atau kurang dari nilai awalnya yaitu 480000, kemudian klik "OK".
  2. ShutDown Windows XP
    1. Cari HKEY_CURRENT_USER \ Control Panel \ Desktop \ WaitToKillAppTimeout .Ganti Value data menjadi 1000 dan Ok. dengan double Click.Berikutnya cari key HungAppTimeout dan ganti Value data menjadi 1000 (sama seperti di atas) dan klik Ok.
    2. Selanjutnya kita masuk ke HKEY_USERS\.DEFAULT \ Control Panel \ DesktopWaitToKillAppTimeout .Ganti Value data menjadi 1000 dan klik Ok.
    3. Terakhir kita masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE \ System \ CurrentControlSet \ Control \WaitToKillServiceTimeout untuk kita ganti Value data-nya menjadi 1000, dan klik Ok.
Selesai. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar