Konstruksi CPU { Central Procesing Unit }

CPU merupakan bagian terpenting dari kinerja komputer karena merupakan bagian yang mengatur dan mengolah proses kerja komputer. Dalam CPU terdapat bagian – bagian utama yang terpasang dan digunakan untuk menunjang kerja komputer.
  1. Chasing
    Chasing merupakan bagian terluar dari komputer yang mempunyai beberapa fungsi antara lain :
    • Melindung komponen – komponen lain yang ada di dalam komputer.
    • Meletakan atau menempelkan komponen – komponen komputer
    • Merapikan stuktur komputer

  2. Power Suplay
    Power supply komputer adalah bagian penyedia atau pengolah sumber tegangan bagi semua bagian pada komputer. Power Supply merupakan bagian yang mengolah tegangan AC menjadi beberapa tegangan DC dengan tegangan dan arus tertentu sesuai kebutuhan masing-masing bagian pada komputer.


  3. Moterboard
    Motherboard adalah sebuah papan PCB yang berisi komponen komponen yang terintegrasi dan membentuk sistem penghubung antar bagian pada komputer. Motherboard merupakan bagian komputer yang paling utama. Fungsi dari motherboard adalah tempat meletakkan komponen - komponen komputer,
    menghubungkan komponen-komponen agar bisa berjalan sebagaimana fungsinya dan sebagai pengatur arus yang mengalir ke masing-masing komponen.


  4. Prosesor
    Prosesor pada dasrnya mempunyai kinerja seperti halnya otak kecil dalam tubuh kita. Mengatur dan mengontrolkerja komputer adalah fungsi utanyanya. Pada saat ini telah tersedia banyak macam CPU/Processor dipasaran. Kita mengenal Processor Intel P4, Processor Intel P4 LGA 775, Processor Intel Celeron, Processor AMD Athlon dll. Spesifikasi, kwalitas, kecepatan dan harganya pun berbeda - beda. Namun walaupun fungsi / tugasnya tetap sama yaitu ibarat dokter dalam suatu klinik atau sebagai otak dalam sebuah PC.
    Secara garis besar Processor terdiri dari tiga bagian utama yaitu :
    CU (Control Unit)
    Bagian ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Unit ini mengatur lalulintas data dari memory utama untuk dieksekusi dan hasilnya dikirim kembali ke memory utama, untuk ditampilkan pada layar monitor, disimpan dalam hard disk atau output device yang lain. Dengan kata lain fungsi CU
    Mengontrol cara kerja input / output device
    Mengontol pelaksanaan tugas ALU
    Mengontrol pemindahan data dari input device ke internal memory dan sebaliknya

    ALU (Arithmatic and Logical Unit)
    Bagian ini bertugas untuk melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika). Tugasnya yang lain adalah mengambil keputusan dari suatu operasi logika sesuai perintah program. Jika kita sedang menjalankan suatu program aplikasi dan ada yang kurang beres, maka bagian inilah yang mengambil keputusan bahwa telah terjadi suatu kesalahan. Informasi ini diteruskan ke memory utama supaya dibuat pengumuman “EROR” pada layar monitor.

    Register / Internal Memory
    Adalah media penyimpanan yang kecil tetapi kecepatan akses yang sangat tinggi. Disinilah data dieksekusi/diproses sedangkan data-data yang lain masih antri menunggu di memory utama.
    Banyak jenis prosesor yang beredar dipasaran, mungkin yang kita kenal ada Pentium 1 sampai 4, AMD sampai dengan Core 2 Duo. Semuannya mempunyai spesifikasi tersendiri yang mewakili identitas masing – masing terutama faktor kecepatan pengolahan data. Perbedaan jenis prosesor dapat dilihat dari beberapa bidang antara lain :
    Perbedaan Clock Speed ( Jumlah perintah yang dapat dikerjakan dalam satu satuan waktu )
    Perbedaan Besar canche Size ( Besar memory penyimpanan )
    Perbedaan konsumsi daya listrik
    Perbedaan banyaknya Bus System dan Bus Address

    Tips Membeli Processor
    • Diwajibkan bagi anda membeli Processor yang sesuai dengan spesifikasi mainboard anda. Perhatikan jenis socketnya agar sesuai.
    • Pastikan Processor yang dibeli lengkap, baik dan tersegel.
    • Belilah Processor yang mempunyai garansi Pabrik dan bukan garansi toko.
    • Pastikan Processor yang anda beli adalah baru buka barang lama yang diperbaharui
    • Pastikan membeli Processor dengan pelayanan purna jual yang lengkap.


  5. Hard Disk
    Hard Disk atau Cakram keras adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Cakram keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Cakram keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB.
    Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah cakram keras, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
    Dalam perkembangannya kini cakram keras secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Cakram keras kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire.


  6. Random Acces Memory ( RAM )
    RAM adalah salah satu media penyimpanan data komputer, di dalam kerja komputer terdapat bebrapa macam media penyimpanan data. Dalam proses penyimpanan data pada komputer terdapat 2 jenis memory yang digunakan dalam CPU yaitu :

    Random Acces memory ( RAM )
    RAM adalah memory kerja utama komputer. memory kerja komputer yang tersimpan dan dapat dihapus. Data bersifat sementara/ temporary memory ( memori yang akan meyimpan data hanya selama komputer menyala ) .

    Random Only Memory ( ROM )
    ROM adalah memory kerja komputer yang tersimpan dan tidak dapat dihapus. Data biasanya bersifat permanen/ permanent memory ( Memori yang akan meyimpan data selama komputer menyala maupun saat komputer dimatikan ).

    RAM adalah ruang untuk mengolah data dan instruksi yang ditulis atau di baca oleh prosesor, dan bersifat sementara. Ram terbuat dari sebuah microchip yang dipasang pada slot memory yang terdapat dapa Motherboard.slot RAM pada Motherboard mempunyai 2 macam yaitu :

    SIMMs ( Singgle Inline Memory Modules )
    DIMMs (Dual Inline Memory Modules )

    Secara umum RAM mempunyai kapasitas bermacam –macam dari 64, 128, 256 512 MB.

    RAM mempunyai beberapa jenis antara lain :

    EDO-RAM ( Extended Data Out )
    EDO-RAM memiliki fungsi seperti RAM, akan tetapi jenis ini mempunyai kemampuan kerja sangat tinggi dan cepat dalam membaca dan mentransfer data. Bentuk EDO-RAM adalah SIMM (Single Inline Memory Module). Slot memori pada motherboard 72 pin.

    SDRAM ( Synchronous Dynamic RAM )
    SDRAM adalah memori yang dapat mengases data atau informasi lebih cepat dari EDO-RAM. Bentuk SDRAM adalah DIMM (Dual Inline Memory Module). Slot memori pada motherboard 168 pin.

    DDR SDRAM ( Double Data Rate Synchronous DRRAM )
    DDR SDRAM adalah tipe memori generasi penerus SDRAM, yang memiliki kemampuan dua kali lebih cepat dari SDRAM. Slot memori yang digunakanDDR SDRAM memiliki jumlah pin lebih banyak dari SDRAM, yaitu 184 pin.

    RDRAM ( Rambus Dynamic RAM )
    RDRAM adalah sebuah memori berkecepatan tinggi, digunaan untuk mendukung prosesor Pentium 4.tipe RDRAM menggunakan slot RIMM,yang mirip dengan slot SDRAM.



  7. + Lihat Gambar RAM

0 komentar:

Posting Komentar