Posted by : aris koerniawan



Habib di kalangan Arab-Indonesia dinisbatkan secara khusus terhadap keturunan Nabi Muhammad melalui Fatimah az-Zahra (berputra Husain dan Hasan) dan Ali bin Abi Thalib atau keturunan dari orang yang bertalian keluarga dengan Nabi Muhammad (sepupu Nabi Muhammad). Habib yang datang ke Indonesia mayoritas adalah keturunan Husain bin Ali bin Abi Thalib bin Abdul Muthalib dan Fatimah bin Nabi Muhammad SAW. Secara Garis Besar Anak Keturunan Nabi Muhammad SAW

  • al-Qasim - Anak laki-laki dari Khadijah, lahir di Mekah dan meninggal waktu masih kecil.
  • Abdullah at-Tayyib at-Tahir - Anak laki-laki dari Khadijah, lahir di Mekah dan meninggal waktu masih kecil.
  • Zainab - Anak perempuan dari Khadijah, lahir di Mekah tahun 23 sebelum Hijrah. Menikah dengan Abu'l-'Ash bin'r-Rabi' b.'Abd Syams. Meninggal pada tahun ke-8 Hijriyah pada usia 31 tahun di Madinah. Mempunyai anak bernama Ali yang meninggal waktu masih kecil, dan Umamah yang menikah dengan Ali bin Abu Talib setelah wafat Fatimah, kemudian dinikahi Mughirah bin Naufal setelah Ali bin Abu Talib, tetapi tidak mempunyai keturunan.
  • Ruqayya - Anak perempuan dari Khadijah, lahir di Mekah tahun 22 sebelum Hijrah. Menikah dengan Utba bin Abu Lahab tetapi kemudian diceraikan. Selanjutnya menikah dengan Usman b.'Affan, tetapi pada tahun 2 Hijriyah meninggal di Madinah saat usia 24 tahun. Anaknya dari Usman b.'Affan bernama Abdullah tetapi meninggal saat usia 2 tahun.
  • Umm Kulthum - Anak perempuan dari Khadijah, lahir di Mekah tahun 19 sebelum Hijrah. Menikah dengan Utaiba bin Abu Lahab tetapi kemudian diceraikan. Setelah 2 tahun kematian Ruqayya, Umm Kulthum menikah dengan Usman b.'Affan. Tidak mempunyai anak. Meninggal pada tahun ke-9 Hijriyah di Madinah saat usia 28 tahun.
  • Fatimah - Anak perempuan dari Khadijah, lahir di Mekah tahun 18 sebelum Hijrah. Menikah dengan Ali bin Abu Talib. Mempunyai empat anak yaitu Hasan, Husein, Zainab, dan Ummu Kultsum. Fatimah meninggal tahun 11 Hijriyah di Madinah, 6 bulan setelah Nabi wafat, pada usia 29 tahun.
  • Ibrahim - Anak laki-laki dari Mariya binti Syamu’n, salah satu istri Nabi setelah Khadijah wafat. Lahir di Madinah pada tahun 8 Hijriyah. Ibrahim meninggal saat masih kecil.
Berikut Penyajian Secara Detai mengenai keturunan Nabi Muhammad SAW Download Berkas

{ 3 komentar... read them below or Comment }

  1. APAKAH ADA KETURUNAN AHLUL BAIT?

    Dlm Al Quran yang menyebut 'ahlulbait', rasanya ada 3 (tiga) ayat dan 3 surat.

    1. QS. 11:73: Para Malaikat itu berkata: "Apakah kamu merasa heran tentang ketetapan Allah? (Itu adalah) rahmat Allah dan keberkatan-Nya, dicurahkan atas kamu, hai ahlulbait. Sesungguhnya Allah Maha Terpuji lagi Maha Pemurah".

    Ayat ini jika dikaitkan dengan ayat sebelumnya, maka makna 'ahlulbait' adalah terdiri dari isteri dari Nabi Ibrahim.

    2. QS. 28:12: Dan Kami cegah Musa dari menyusu kepada perempuan-perempuan yang mau menyusukan(nya) sebelum itu; maka berkatalah Saudara Musa: 'Maukahkamu aku tunjukkan kepadamu 'ahlulbait' yang akan memeliharanya untukmu, dan mereka dapat berlaku baik kepadanya?

    Ayat ini jika dikaitkan dengan ayat sebelumnya, maka makna 'ahlulbait' adalah meliputi Ibu kandung Nabi Musa As. atau ya Saudara kandung Nabi Musa As.

    3. QS. 33:33: "...Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu 'ahlulbait' dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya".

    Ayat ini jika dikaitkan dengan ayat sebelumnya QS. 33: 28, 30 dan 32, maka makna para ahlulbait adalah para isteri Nabi Muhammad SAW.

    Sedangkan ditinjau dari sesudah ayat 33 yakni QS. 33:34, 37 dan 40 maka penggambaran ahlulbaitnya mencakup keluarga besar Nabi Muhammad SAW. yakni para isteri dan anak-anak beliau.

    Jika kita kaitkan dengan makna ketiga ayat di atas dan bukan hanya QS. 33:33, maka lingkup ahlul bait tersebut sifat dan maknanya menjadi universal terdiri dari:

    1. Kedua orang tua Saidina Muhammad SAW, sayangnya kedua orang tua beliau ini disaat Saidina Muhammad SAW diangkat sbg 'nabi' dan rasul sudah meninggal terlebih dahulu.

    2. Saudara kandung Saidina Muhammad SAW, tapi sayangnya saudara kandung beliau ini, tak ada karena beliau 'anak tunggal' dari Bapak Abdullah dengan Ibu Aminah.

    3. Isteri-isteri beliau.

    4. Anak-anak beliau baik perempuan maupun laki-laki. Khusus anak lelaki beliau yang berhak menurunkan ke-'nasaban'-nya, sayang tak ada yang hidup sampai anaknya dewasa, sehingga anak lelakinya tak meninggalkan keturunan.

    Bagaimana tentang pewaris tahta 'ahlul bait' dari Bunda Fatimah?. Ya jika merujuk pada QS. 33:4-5, jelas bahwa Islam tidaklah mengambil garis nasab dari perempuan kecuali bagi Nabi Isa Al Masih yakni bin Maryam.

    Lalu, apakah anak-anak Bunda Fatimah dengan Saidina Ali boleh kita anggap bernasabkan kepada nasabnya Bunda Fatimah?. ya jika merujuk pada Al Quran maka anak Bunda Fatimah dengan Saidina Ali tidaklah bisa mewariskan nasab Saidina Muhammad SAW.

    Kalaupun kita paksakan, bahwa anak Bunda Fatimah juga ahlul bait, artinya kita mau mengambil garis dari perempuannya (Bunda Fatimah), maka untuk selanjutnya yang dijadikan patokan nasab seharusnya pemegang waris tahta ahlul bait diambil dari anak perempuannya bukan dari anak lelakinya seperti Fatimah dan juga Zainab, bukan Hasan dan Husein sbg penerima warisnya.

    Dengan demikian sistim nasab yang diterapkan itu tidan sistim nasab berzigzag, setelah nasab perempuan lalu lari atau kembali lagi ke nasab laki-laki, ya seharusnya diambil dari nasab perempuan seterusnya.

    Bagaimana Saidina Ali bin Abi Thalib, anak paman Saidina Muhammad SAW, ya jika merujuk pada ayat-ayat ahlul bait pastilah beliau bukan termasuk kelompok ahlul bait. Jadi, anak Saidina Ali bin Abi Thalib baik anak lelakinya mapun perempuan, otomatis tidaklah dapat mewarisi tahta 'ahlul bait'.

    Kesimpulan dari tulisan di atas, bahwa pewaris tahta 'ahlul bait' yang terakhir hanya tinggal bunda Fatimah. Berarti anaknya seperti Saidina Hasan dan Husein maupun yang perempuan bukanlah pewaris tahta AHLUL BAIT.

    BalasHapus
  2. Subhanalloh, trims infonya sdr ku.. ey, sy ingin bertanya yang mungkin agak menyimpang dari topik, yakni bagaimana cara membuat efek zoom image pada blog seperti contoh di atas?

    BalasHapus
  3. Silahkan klik link berikut : http://ariskoerniawan.blogspot.com/2011/05/zoom-picture.html

    Materi lain silahkan klik pada BlogExplore

    BalasHapus

Welcome to My Blog

Blog Explore

Koerniawan BlogExplore - Solusi Yang Anda Butuhkan - Klick + Pilih Yang Anda Cari

+ | -

hukum shalat berjamaah hukum shalat berjamaah hukum shalat berjamaah hukum shalat berjamaah hukum shalat berjamaah

Locker

© Aris Kurniawan
- - Berbagi Ide & Inspirasi - -

|Open ID|Komentar|Work|Editing|Premium Template|Bantuan||Pesan & Laporan Bug|
|Contact|Computer|Blogger|E-Book|Archive|