Menampilkan File Word / PDF di Blog

Bagi anda yang suka dan ingin sharing file dalam bentuk microsoft word (document) dan microsoft excel (spreadsheet) ataupun microsoft power point (presentation) di blog, maka anda bisa menggunakan berbagai layanan di internet.

Salah satu di antaranya adalah layanan yang di sediakan oleh google yaitu Google docs. Dengan google docs anda bisa membuat file microsoft office yang saya sebutkan tadi secara online ataupun anda bisa mengupload file yang sudah jadi alias sudah di kerjakan secara offline dan kemudian ambil kode yang di berikan lalu setelah itu anda bisa menampilkannya di blog anda.
Ok kita mulai saja.
  1. Silahkan login ke http://docs.google.com dengan account email anda.
  2. Klick Upload untuk mengunggah file Word / PDF
  3. Klick Select File to Upload untuk memilih file yang akan diunggah Kemudian Tekan Start Upload
  4. Tunggu sampai proses selesai, Kemudian klik Back to Geogle Docs, untuk kembali ke Home atau langsung pilih File yang akan digunakan
  5. Perbaiki jika ada yang perlu diedit, Pilih Share kemudian klick Publish To the Web
  6. Pilih Start Publish untuk memunculkan kode link
  7. Copy kode link pada kotak Embed Code
  8. Jika kita perhatikan kode tersebut adalah kode HTML untuk perintah iframe, masih ingatkan dengan perintah iframe yang pernah saya posting di “mengenal perintah iframe”? tentunya kode yang di berikan oleh google docs tidaklah mutlak harus seperti itu, tapi kita bisa memodifikasinya sesuai dengan keinginan kita.
  9. Sebagaimana kita lihat bahwa ukuran lebar (width) sebesar 500 pixel, nilai ini bisa anda ganti dan disesuaikan dengan lebar dari halaman post anda, begitupun dengan tingginya (height) ini pun bisa anda ganti dengan nilai yang anda inginkan. Ada satu lagi yang penting adalah dalam kode tersebut tidak di sertakan kode scrolling, sehingga apabila file anda sangat lebar tidak akan terlihat oleh pembaca, maka solusi yang saya berikan adalah menambahkan kode scrolling=”yes’ ataupun scrolling=”auto” pada kode iframe di atas.
  10. Contoh Scrip
    <iframe width='575px' height='300px' src="https://docs.google.com/document/pub?id=1rfOJ0exFgqFuQimX5hTojbY-QPpillHPm-FZHfVq8B8&embedded=true"></iframe>
  11. Hasil / Output


View

0 komentar:

Posting Komentar